Perkembangan Teknologi Informasi

IT atau Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan di akses secara global.

Perkembangan Teknologi Informasi memacu pada suatu cara baru dalam kehidupan, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Lihat saja contohnya, dengan adanya internet memungkinkan seseorang dapat berkirim surat dalam bentuk elektronik yang sering kita sebut dengan e-mail, contoh lain dengan adanya internet, seseorang dari Sukabumi, Indonesia dapat berkomunikasi secara online dan langsung dengan seseorang yang ada di Perancis ataupun negara-negara lainnya.

Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang dapat menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin. Teknologi Informasi saat ini banyak berperan dalam bidang-bidang seperti bidang pendidikan (e-education), bidang pemerintahan (e-government), bidang hiburan (e-game), bidang kesehatan (e-medicine), bidang keuangan dan perbankan, dan lain sebagainya.

Dalam teknologi informasi itu sendiri, perkembangan IT di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memenuhi komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer, sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data.

0 comments:

Post a Comment

Your comment here! komentar aja sesuka hati, asal jangan ampe menyinggung hati, OK!! ^^,